Pengaruh Metode Pembelajaran Resiprokal terhadap Hasil Belajar Menendang dengan Kaki Bagian Dalam pada Permainan Sepakbola Siswa Kelas X MAN 1 Pangkalpinang

  • Fadli Saputra STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • yuanita Yuanita
  • Erick Prayogo Walton

Abstract

Materi Sepakbola khususnya praktek menendang dengan kaki bagian dalam di MAN 1 Pangkalpinang masih terdapat banyak kesalahan dan juga cenderung kurang aktif karena hanya terfokus pada guru saja dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran resiprokal terhadap hasil belajar menendang dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola siswa kelas X MAN 1 Pangkalpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ekperimental yang digunakan adalah dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design dengan suatu perlakuan. Populasi terdiri dari 84 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengolahan data menggunakan uji normalitas kolmogorov-simirnov, uji homogenitas menggunakan uji fisher, uji hipotesis menggunakan rumus the polled variance dengan syarat thitung lebih besar dari ttabel. Hasil yang diperoleh yaitu ,3,017>1,989, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran resiprokal terhadap hasil belajar menendang dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola siswa kelas X MAN 1 Pangkalpinang.

Published
2020-05-09